17 Mei 2012

Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin, computera berarti menghitung dan dalam bahasa inggris, to compute. Secara umum komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi, dan dapat menjalankan program yang tersimpan dalam memori yang bekerja dengan suatu aturan tertentu.

Definisi Komputer Menurut Para Ahli :

● Hamacher
Berpendapat bahwa komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di dalam memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

 Jhon J. Longkutoy
Berpendapat bahwa komputer adalah alat pengolah data atau pemecah persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan, tetapi penanganannya harus ditangani ahlinya.

● Fuori
Berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan penghitungan besar secara cepat, termasuk penghitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

 Blissmer
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
Menerima input
- Memproses input tadi sesuai dengan programnya,
- Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- Menyediakan output dalam bentuk informasi

Penemuan - Penemuan Komputer

● ABACUS
sampoa
Abacus sebagai alat hitung manual pertama di dunia ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu. Kemampuan Abacus telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitung di sekolah dan perbisnisan modern. Abacus lebih dikenal sebagai cipoa (bahasa Cina). Walaupun awalnya abacus ini berasal dari negara Mesir, tetapi karena kemampuannya yang membantu dalam menghitung kemudian dibawa oleh orang-orang Cina ke negerinya, dan kemudian berubah namanya menjadi cipoa (Sempoa).


● PASCALINE
PASCALINE
Blaise Pascal (1623 – 1662), seorang ahli filosofi dan matematika, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. Alat tersebut diberi nama PASCALINE. Pascaline menggunakan roda penghitung untuk menjumlahkan suatu bilangan. Penemuan Blaise Pascal ini sangat dikenal dan dipuji oleh orang-orang sampai ke seluruh Eropa. Kelemahan Pascaline adalah sukar untuk diperbaiki jika rusak dan yang bisa memperbaikinya hanyalah Blaise Pascal sendiri. Kelemahan Pascaline  tersebut menyebabkan orang menganggap peralatan tersebut terlalu kompleks. Hingga pada tahun 1960, alat hitung dengan desain “roda penghitung” ini masih digunakan dan selanjutnya ketika ditemukannya alat penghitung elektronik, alat ini dianggap usang dan mulai ditinggalkan.

● DIFFERENCE ENGINE
different engine
Charles Babbage (1792-1871) menemukan sebuah mesin hitung yang disebut dengan Difference engine yang dapat melakukan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan mesin penghitung Difference Engine, Babbage menemukan ide mengenai Analytical Engine (mesin analis). Jadi, konsep Difference Engine ini dilandasi oleh ide Analytical Engine. Hasil pemikiran Babbage yang terperinci dan merupakan hasil penelitian yang valid, telah menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern.


● PUNCHED CARD
punched card
Ditemukan oleh Joseph-Marie Jacquard (1752-1834) yang berkebangsaan Prancis. Punched card, awalnya digunakan untuk mengendalikan alat tenun Jacquard. Alat tenun ini ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan hingga sekarang. Punched card disebut sebagai kartu berlubang, dimana lubang tersebut merupakan inti dari punched card. Punched card ini dirancang desain tenunan. Selanjutnya Babbage tertarik dengan punched card dari alat tenun Jacquard. Ia ingin menerapkan punched card untuk analytical engine-nya. Kemudian pada tahun 1834, Lady Ada Augusta Lovelace meneliti punched card dan ia menilai bahwa punched card dapat dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage dan dapat mengulang operasi-operasi tertentu. Orang-orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama atas penilaian punched card tersebut.


● HOLLERITH (Pemroses Data Otomatis)
Hollerith
Pada tahun 1890 merupakan awal pemrosesan data secara otomatis. Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched card untuk sensus tahun 1890. Mesin yang digunakan dinamakan Hollerith’s punched card mechine. Dengan pemrosesan punched card dan mesin Hollerith, sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Sebelumnya the U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir tahun 1888 dan kemudian dihentikan sebelum berlangsung selama 10 tahun.

Berdasarkan hasil penemuannya itu, Hollerith mendirikan sebuah perusahaan mesin Hollerith yaitu Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Terbukti permintaan mesin Hollerith sangat besar hingga menyebar sampai ke Rusia. Rusia pada tahun 1897 menggunakan mesin Hollerith untuk sensus pertama kalinya. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company bergabung dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.

● ELECTROMECHANICAL ACCOUNTING MACHINE
electromechanical
Hasil atau output mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan bahwa  mereka telah menciptakan printer yang disebut dengan lister. Hasil penciptaan mesin pencetak tersebut akhirnya mengubah jalan hidup perusahaan tersebut. Pada tahun 1924 perusahaan tersebut mengubah namanya menjadi International Business Mechine Corporation (IBM). Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched card diperbaiki dengan penambahan beberapa alat serta kemampuan yang lebih pintar. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misalnya nama dan alamat), pada pemrosesan punched card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record)


- Selanjutnya, mesin punched card Electromechanical Accounting Machine (EAM) ditemukan. Produk dari EAM ini adalah punched card, verifier, reproducer, dummary punch, interpreter, sorter, collector, calculator, dan mesin akunting.
- EAM diprogram untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan kontrol yang prewired. Papan kontrol prewired adalah sebuah panel yang berbeda terhubung tiap jenis operasi untuk bekerja.



6 komentar:

  1. Wah....
    Info nya keren kak......
    Gak nyangka ya, perkembangan komputer dizaman sekarang sangat lah canggih :D

    BalasHapus
  2. komputer sekarang ini sudah menjadi kebutuhan, semakin canggih komputer kita juga harus semakin canggih biar ga ketinggalan

    BalasHapus
  3. tiada hari tanpa komputer itu lah saya sob, seperti yang dikatakan TMM 999 komputer adalah kebutuhan apalagi saya yang bekerja terus depan komputer

    BalasHapus
  4. Serupa dengan khazanah.info saya pun hampir setiap hari selalu depam komputer, komputer bagai sahabat sejati saya,,

    BalasHapus
  5. Hehehehehehe saya sie penasaran ama komputernya blaise pascal? :)

    BalasHapus
  6. Menurut saya malah pascal itu Bapak nya Komputer, Pascal sangat berjasa hingga perkembangan komputer saat ini

    BalasHapus

Follow by Email

Popular Posts

Copyright@2015 999 Blog || Designed ByBlogger Templates-Blogger