23 April 2012

Cara Menjaga Akun Facebook

Facebook
Facebook sekarang ini telah menjadi jejaring sosial yang begitu populer di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, disamping penggunaan yang mudah dimengerti dengan Facebook ini dapat mengenal satu sama lainnya dari berbagai daerah. Namun tak sedikit yang mencoba mengambil keuntungan dari akun facebook seseorang dengan cara meng-hack atau mengambil alih akun facebook dengan tujuan tertentu.


Dengan berbagai cara para hacker mencari-cari kelengahan dan kelalaian para pemilik akun facebook ditambah lagi banyaknya software-software yang berfungsi untuk menjebol akun facebook.

Untuk menghindari dan menjaga akun facebook dari serangan hacker, ada beberapa Cara Menjaga Akun Facebook :

1.  Sebelum memasukkan email/username dan password lihat terlebih dahulu pada Address Bar web browsers apakah benar URL Facebook atau bukan,
* contoh yang benar         : www.facebook.com atau http://www.facebook.com/
* contoh yang tidak benar : www.fcebook.com , www.facebok.com , www.facebuk.com
ini merupakan tipuan fishing yaitu situs palsu yang dibuat mirip dengan situs sebenarnya.

2.  Jangan terlalu sering mempercayakan data informasi anda pada sebuah aplikasi layanan facebook. Banyak dijumpai aplikasi-aplikasi facebook, yang mana bila anda mengikuti aplikasi ini maka pihak penyedia aplikasi akan meminta persetujuaan mengenai data informasi anda. Bila anda tidak yakin dan aplikasi tersebut tidak terlalu berguna lebih baik tinggalkan saja.

3.  Buatlah password yang sulit ditebak, jangan menggunakan password dengan hari ulang tahun anda dan sering berganti password lebih diutamakan.

4.  Jangan samakan password email dengan password facebook, jika akun facebook telah di hack, dapat meminta password kembali dengan cara klik forgot your password?

5.  Pada email, buatlah Pertanyaan dan jawaban yang rumit. Ini diperlukan apabila anda lupa password/forgot your password.

6. Gunakan Pengaturan Keamanan Facebook berlapis. Pada email setting ke private hanya anda yang melihatnya dan tambahkan email lebih dari satu juga Aktifkan Jelajah Aman. Untuk Pengaturan Keamanan lanjutan dapat anda kembangkan lagi.

7.  Bila komputer tidak terpercaya, seperti di warnet jangan lupa untuk logout akun anda, hapus history web browsers dengan cara Clear Recent History.

8.  Bila memakai hotspot/wifi aktifkan anti virus dan firewall anda.

9.  Usahakan membuka facebook anda setiap harinya, ini untuk mengetahui apakah facebook anda baik-baik saja dan apabila telah di hack dapat segera melakukan tindakan untuk mengambil alih kembali dan tidak memberi waktu hacker untuk lebih leluasa merubah pengaturan facebook yang berlapis.

Semoga Cara - Cara Menjaga Akun Facebook diatas dapat menjaga dari serangan hacker, yang mana dapat terjadi karena kelalaian pemilik akun Facebook sendiri.



4 komentar:

  1. ini juga baru kayaknya, tadi siang belum ada

    BalasHapus
  2. bisa aja nih den basid,,, :)

    BalasHapus
  3. teimakasih atas informasinya tentang jaga akun fb

    BalasHapus

Follow by Email

Popular Posts

Copyright@2015 999 Blog || Designed ByBlogger Templates-Blogger