10 April 2012

Cara Merawat Komputer

Komputer-999 BlogPada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tips untuk Merawat Komputer, sering kali ada banyak hal yang tidak terlalu diperhatikan dan menganggap sepele dalam Cara Merawat Komputer ini, yang tanpa di sadari bisa menyebabkan kerusakan pada komputer.



Cara Merawat Komputer
  1. Tidak menaruh benda diatas komputer, karena komputer dibuat bukan untuk menaruh alat-alat dengan beban yang berlebihan seperti menaruh helm dan jaket, apalagi jika menaruh air mineral atau es diatasnya ini sangat tidak dibenarkan.
  2. Jangan tempatkan komputer pada suhu yang lembab dan terlalu dingin karena membuat komputer akan mudah berkarat.
  3. Jangan juga tempatkan pada suhu atau temperatur yang panas, karena akan mengakibatkan perangkat keras (hardware) akan mengalami perubahan bentuk, seperti menggelembung/melengkung, tempatkan komputer pada suhu yang sesuai dan sedang-sedang saja.
  4. Jauhkan dari medan magnet, selain merusak monitor, magnet dapat menghapus data yang terdapat dalam hard disk.
  5. Jangan tempatkan pada ruangan yang berdebu, karena akan mengakibatkan overheating/kepanasan akibat fan processor yang terhambat debu.
  6. Bersihkan komputer secara rutin dan berkala, dapat menggunakan vacum cleaner atau kompressor, seperti akibat diatas juga untuk mencegah debu yang menumpuk terlalu banyak pada hadware yang menancap sehingga tidak terdeteksi, seperti VGA, RAM, Sound Card, dll.
  7. Jangan menjatuhkan dan terlalu sering menggeser-geser komputer dalam keadaan menyala. Sudah tahukan bagaimana jika komputer terjatuh pasti akan hancur, setidaknya beberapa komponen tidak dapat bekerja lagi.
  8. Untuk laptop bila akan dibawa pergi gunakan tas khusus dan pelindung busa untuk mengurangi terjadinya getaran.
  9. Listrik yang tidak stabil juga dapat merusak komputer, sebaiknya periksa tegangan listrik dan gunakan UPS atau Stabilizer.
  10. Tidak mematikan komputer langsung pada tombol power atau langsung mencabut kabel listrik, ini mengakibatkan data yang tersimpan dalam hard disk dapat hilang dan dapat merusak program yang sedang berjalan.
  11. Matikan komputer bila tidak dipakai dan gunakan penutup yang rapat, pemakai komputer rumahan biasa selalu mematikan komputernya bila tidak digunakan, tapi banyak terjadi di kantoran yang tidak pernah mematikan komputer, selain karena pemborosan listrik, ini juga dapat mempengaruhi usia komputer.
Diatas merupakan hal-hal sepele yang sering kali terlupakan dalam perawatan komputer, komputer juga seperti barang elektronik lainnya butuh perawatan agar tidak mudah rusak dan awet.

Untuk Faktor Internal Perawatan Komputer anda dapat lihat disini Cara Mempercepat Proses Komputer.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow by Email

Popular Posts

Copyright@2015 999 Blog || Designed ByBlogger Templates-Blogger